Penting nih sobat

BROADCAST TIARA 20 ๐Ÿ“† 29-30 December 2014 ⏰16.00-14.00 (22 Jam) 

๐Ÿ“–Tadabbur Surat al-Baqarah ayat 1 - 5 ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู… ุงู„ู… (1) ุฐَู„ِูƒَ ุงู„ْูƒِุชَุงุจُ ู„َุง ุฑَูŠْุจَ ูِูŠู‡ِ ู‡ُุฏًู‰ ู„ِู„ْู…ُุชَّู‚ِูŠู†َ (2) ุงู„َّุฐِูŠู†َ ูŠُุคْู…ِู†ُูˆู†َ ุจِุงู„ْุบَูŠْุจِ ูˆَูŠُู‚ِูŠู…ُูˆู†َ ุงู„ุตَّู„َุงุฉَ ูˆَู…ِู…َّุง ุฑَุฒَู‚ْู†َุงู‡ُู…ْ ูŠُู†ْูِู‚ُูˆู†َ (3) ูˆَุงู„َّุฐِูŠู†َ ูŠُุคْู…ِู†ُูˆู†َ ุจِู…َุง ุฃُู†ْุฒِู„َ ุฅِู„َูŠْูƒَ ูˆَู…َุง ุฃُู†ْุฒِู„َ ู…ِู†ْ ู‚َุจْู„ِูƒَ ูˆَุจِุงู„ْุขَุฎِุฑَุฉِ ู‡ُู…ْ ูŠُูˆู‚ِู†ُูˆู†َ (4) ุฃُูˆู„َุฆِูƒَ ุนَู„َู‰ ู‡ُุฏًู‰ ู…ِู†ْ ุฑَุจِّู‡ِู…ْ ูˆَุฃُูˆู„َุฆِูƒَ ู‡ُู…ُ ุงู„ْู…ُูْู„ِุญُูˆู†َ (5) 

 ๐Ÿ“•Terjemah : 
 1. Alif Lฤm Mฤซm. (Beberapa surah dalam Al-Qur’an dibuka dengan huruf abjad seperti Alif Lฤm Mฤซm, Alim Lฤm Rฤ, dan sebagainya. Makna huruf-huruf itu hanya Allah yang tahu. Ada yang berpendapat bahwa huruf-huruf itu adalah nama surah dan ada pula yang berpendapat bahwa gunanya untuk menarik perhatian, atau untuk mengisyaratkan bahwa Al-Qur’an itu diturunkan dalam bahasa Arab yang tersusun dari huruf-huruf abjad tersebut.)  

 2. Kitab (Al-Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa (Takwa yaitu mengikuti segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.) 

 3. (yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, melaksanakan salat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, (Pengertian menginfakkan harta di jalan Allah mliputi belanja untuk kepentingan jihad, pembangunan perguruan, rumah sakit, usaha penyelidikan ilmiah dan lain-lain.)

 4. dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al-Qur’an) yang telah diturunkan kepadamu (Muhammad) dan (kitab-kitab) yang telah diturunkan sebelum engkau, serta mereka yakin akan adanya akhirat. Yang diturunkan kepada nabi-nabi sebelum Nabi Muhammad saw. ialah: Taurat, Zabur, Injil dan suhuf-suhuf (lembaran-lembaran) yang tidak seperti kitab. 

 5. Mereka itulah yang mendapat petunjuk dari Rabb mereka, dan mereka itulah orang-orang yang beruntung. ๐Ÿ“šTadabbur Ayat : Ayat 1 terdiri dari 3 huruf Hijaiyyah (huruf Arab), yaitu, alif, lam dan mim. Dalam Al-Qur’an terdapat 29 surah yang awalnya dimulai dengan gabungan beberapa huruf seperti pada awal surah Al-Baqarah ini. tidak ada yang mengetahui maknanya kecuali hanya Allah. 
Rasul saw. tidak pernah menjelaskan maksudnya. Demikian juga para sahabat Rasul saw. yang kepada mereka Al-Qur’an diturunkan pertama kali, tidak pernah menjelaskan apa maksudnya. Sebab itu, jumhur ulama tidak berani menafsirkannya. Mereka hanya mengatakan : Allahlah yang Mengetahui maksudnya. Inilah sikap yang paling baik dalam menafsirkan Al-Qur’an yang terkait dengan setiap awal surah yang dimulai dengan gabungan beberapa huruf Hijaiyyah. Ayat 2 menjelaskan Al-Qur’an itu adalah kebenaran yang tidak dapat dibantah manusia sepanjang masa, baik dari sisi bahasa, isi, berbagai data ilmiah dan informasi sejarah yang ada di dalamnya. 
Namun, yang dapat menjadikan Al-Qur’an itu sebagai petunjuk hidup hanyalah orang-orang yang bertaqwa.  Di antara karekter mereka dijelaskan dalam ayat 3 - 4 : 1) Mengimani hal-hal yang gaib, se-perti surga, neraka dan sebagai-nya. 2) Menegakkan salat. 3) Menginfakkan sebagian rezeki yang Allah berikan padanya. 4) Mengimani Al-Qur’an dan kitab-kitab sebelumnya (Taurat, Zabur dan Injil) 5) Meyakini hari dan kehidupan akhirat Sedangkan ayat 5 menjelaskan orang yang berada di atas petunjuk Al-Qur’an dijamin sukses di dunia dan akhirat.

 --------------------- Facebook FanPage: https://www.facebook.com/pages/Komunitas-Tadabbur-Al-Quran-KontaQ/1436507766582382 Blog: http://kon-taq.blogspot.com/ Website:  www.mtf-online.com

Komentar

Postingan Populer