Strategi Memasuki Dunia Kerja

Dunia kampus yang sesat lagi akan ditinggalkan. Menuntut para mahasiswa dan mahasiswi yang akan meninggalkan kampus untuk segera mengatur strategi menghadapi masa depannya. Banyak pilihan yang akan diambil, namun saat telah memasuki dunia kerja akan ada berbagai macam kenyataan yang akan dihadapi. Kadang kenyataan itu tidak sesuai dengan apa yang kita fikirkan. Dalam penantian untuk diwisuda, ada juga beberapa mahasiswa yang mencoba untuk melamar pekerjaan. Mencoba peruntungan lewat lamaran-lamaran yang dikirimkan.
Para ex mahasiswa dan mahasiswi yang bertitle pencari kerja berbondong-bondong mencari informasi lowongan pekerjaan, baik itu di media massa, internet sampai ke kantor pos. Kadang pekerjaan yang diterima tidak bersesuaian dengan bidang ahli yang kita miliki. Alih-alih ingin mencari pengalaman, yang ada malah timbul perasaan tertekan dengan pekerjaan yang diterima dan selalu menghantui karna tidak sesuai dengan keinginan kita. Jadi saat kita mencoba terjun kedunia pekerjaan, sebaiknya kita berusaha untuk memilih yang sesuai, dan usahakan bidang pekerjaan yang akan kita terima itu berkesesuaian dengan potensi, minat dan hobi kita agar natinya pekerjaan yang ada dapat kita jalani dengan sepenuh hati.

Banyak rintangan yang akan dihadapi dalam dunia kerja nantinya, karna ada perbedaan yang nyata  antara dunia sebelum dan sesudah bekerja, dimana dunia sebelum bekerja tanggung jawab finansial pada orangtua, sangsi disiplin lebih toleran, kebebasan bertutur dan bersikap, pergaulan homogen, sukses bergantung pada diri sendiri, serta bertindak atas nama pribadi. Namun dunia sesudah bekerja akan memiliki kebalikan dari dunia yang dijalani sebelum bekerja, dimana pada saat itu taggung jawab finansial kepada diri sendiri, sangsi disiplin lebih keras, menjaga sikap dan tutur kata, pergaulan yang homogen, dan kesuksesan bergantung pada diri sendiri dan orang lain, serta saat bertindakpun atas nama perusahaan. Jadi kita harus dapat menyesuaikan diri dalam lingkungan yang baru yakni lingkungan kerja.
  

Kita lihat bagi lulusan yang akan mendapatkan gelar Sarjana Komputer akan memiliki banyak kesempatan untuk berkarir, baik itu membuka usaha sendiri ataupun mengikuti perusahaan. Tapi tidak sedikit juga yang mencoba peruntungan ke bidang kerja yang lainnya. Seperti mencoba melamar di Bank, banyak diantara teman-teman yang merasa tertarik memasuki dunia perbankkan tersebut. Namun sesungguhnya segala pekerjaan itu baik, asalkan dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan bahagia. Sehingga akan tercipta kerja ikhlas, kerja cerdas dan kerja tuntas.

Padang, Desember 2013
Menuju Graduation 2014, tulisan ini dibuat untuk meraih Mahasiswi Berprestasi STMIK Indonesia Padang

Komentar

Postingan Populer